Install Dan Konfigurasi Vestacp Di Server Linux (Centos, Debian Dan Ubuntu)

Seperti judul di atas kali ini kita akan membahas Cara Install Vestacp Dan Juga Konfigurasi Vestacp di server linux.
Vestacp merupakan control panel gratis yang menurut saya memiliki performa yang cukup baik dan stabil serta mudah di gunakan untuk pemula karena interface yang sederhana sehingga tidak membingungkan bagi pemula dalam mengelola website mereka. Oleh karena itu Vestacp sangat layak untuk dicoba jika kamu masih bingung mencari control panel hosting gratis yang memiliki performa stabil dan mudah digunakan.

Fitur Vestacp
1. User

Di vestacp kamu bisa menambahkan user seperti halnya kebanyakan control panel hosting berbayar seperti cpanel, directadmin dll, ini berguna jika kamu ingin menggunakan server tersebut sebagai shared hosting dengan control panel vestacp.

2. Web Domain

Fitur yang kedua yang pasti ada web domain, disini kamu bisa menambahkan domain dan juga subdomain atau parked domain yang bisa kamu tambahkan di kotak Aliases. selain itu disini juga kamu bisa menentukan IP Address untuk setiap domain, Web Template serta SSL yang sudah mendukung Lets Encrypt sebagai opsi jika ingin menggunakan SSL gratis.

3. Database

Fitur selanjutnya yang penting adalah Database, kamu bisa membuat database untuk situs kamu disini dan untuk mengelola database juga sudah terinstall PhpMyadmin disini.

4. Mail Domain

Sama seperti control panel hosting lainnya di vestacp juga dilengkapi dengan mail domain, yang berguna untuk membuat dan mengelola email dari domain kamu misal [email protected]

5. Dns Domain

Pada menu Dns Domain ini berfungsi untuk mengelola dns dari domain kamu yang ditambahkan ke akun vestacp kamu.

6. Cron Jobs

Di control panel vestacp tersedia menu Cron Job yang berguna untuk menjalankan script/perintah secara terjadwal

7. Packages

Fitur packages ini untuk membuat paket hosting yang mengatur besaran Bandwidth, Disc Space, Jumlah Database, Jumlah Domain Dll untuk setiap user/pengguna.

8. Backups

Fitur yang tidak boleh ketinggalan tentunya Backup karena melakukan backup untuk situs kita sangat penting dan di vestacp sudah tersedia fitur lokal backup di control panel selain itu juga tersedia FTP backup namun untuk konfigurasi FTP backup hanya bisa dilakukan melalui command line di terminal ssh.

Selain fitur-fitur di atas masih banyak fitur lainya seperti Ip untuk mengelola ip server kamu, Graphs untuk melihat penggunaan seperti memory Mysql Load Average dan lainnya, Tersedia juga fitur firewall dan File Manager namun secara default file manager tidak tersedia di interface vestacp, kita perlu merubah file konfigurasi secara manual untuk menampilkan file manager di interface vestacp.

Persyaratan Sistem Untuk Vestacp

Vestacp dapat berjalan di berbagai sistem operasi Linux berikut ini:

  • Debian versi 7, 8 dan 9
  • Ubuntu versi 12.4 – 18.10
  • RHEL dan CentOS versi 5, 6 dan 7

Dengan minimum RAM 512Mb, HDD 20Gb dan CPU 1Ghz. Namun lebih baik menggunakan vps dengan ram minimal 1Gb atau lebih walaupun dengan ram 512Mb vestacp bisa berjalan dengan lancar dan normal tanpa ada masalah karena vestacp termasuk control panel yang cukup ringan dan menggunakan sedikit resource server menurut saya. Sebagai contoh disini saya menggunakan OS Centos 7.

Cara Install Vestacp

Pertama login menggunakan user root ke vps kamu ke terminal ssh bisa menggunakan putty atau yang lainnya kemudian lakukan update pada paket yang terinstall di vps linux kamu ini opsional kamu bisa melewatinya, caranya:

RHEL dan CentOS

yum -y update

Debian dan Ubuntu

apt-get update

Selanjutnya install nano untuk mengedit file melalui command line, ini juga Opsional jika tidak ingin menggunakan nano sebagai text editor melewati tahap ini.

RHEL dan Centos

yum -y install nano

Debian dan Ubuntu

apt-get install nano

Sekarang mulai langkah install vestacp dengan perintah command berikut ini

curl -O http://vestacp.com/pub/vst-install.sh
Dan
bash vst-install.sh

Nanti akan muncul beberapa opsi sebagai berikut:

  • Would you like to continue [y/n] : y
  • Please enter admin email address: Isi dengan email kamu
  • Please enter Vesta port number (press enter for 8083): Tekan saja enter untuk menggunakan port default 8083 atau isi dengan port yang kamu inginkan
  • Please enter FQDN hostname [zonetrik]: tekan enter atau isi dengan domain kamu
Install Vestacp Centos, Debian, Ubuntu
Klik Foto Untuk Memperbesar

Tunggu sampai selesai dan di akhir proses nanti akan menampilkan url control panel beserta username dan password untuk login ke control panel vestacp silahkan catat atau salin data login tersebut.

Untuk vps Openvz biasanya sudah terinstall apache/httpd sehingga setelah menjalankan bash vst-install.sh akan menampilkan error dan proses install terhenti. Untuk mengatasinya kamu cukup jalankan perintah ini:

bash vst-install.sh -f

Sekarang di server kamu sudah terinstall control panel vestacp, untuk login ke control panel silahkan buka url https://ip-server-kamu:8083 dan masukan username serta password yang sudah kamu catat sebelumnya. dan kamu sekarang sudah bisa menambahkan user, domain dan database dari control panel tersebut.

Cara Install File Manager Di Vestacp

Seperti yang sudah di sebutkan di atas bahwa secara default file manager di interface vestacp tidak tersedia, untuk menampilkan menu file manager di vestacp lakukan langkah berikut ini:

Pertama login ke terminal ssh menggunakan user root kemudian edit file /usr/local/vesta/conf/vesta.conf menggunakan Text editor misal menggunakan Vi atau Nano sebagai contoh saya menggunakan nano.

nano /usr/local/vesta/conf/vesta.conf

Kemudian tambahkan ini di baris paling akhir

FILEMANAGER_KEY='ILOVEREO'

Setelah itu keluar dan simpan file yang sudah di edit dari nano, Caranya tekn Ctrl+x kemudian jawab y dan tekan Enter.

Install File Manager Vestacp
klik foto untuk memperbesar

Sekarang reboot server kamu dengan perintah:

reboot

Sekarang login kembali ke interface vestacp dan lihat di menu atas sudah ada File Manager dan kamu bisa mengelola file situs kamu melalui File Manager tersebut.

Install File Manager Di Vestacp
Klik Foto Untuk Memperbesar

Untuk lebih jelasnya kamu bisa melihat video dibawah ini:

 

Itulah cara install vestacp di server Linux semoga membantu.

Leave a Comment

Your email address will not be published.